GERAKAN KARTU MERAH DI OKINAWA 

Ini adalah gerakan menentang kehadiran pangkalan militer Amerika Serikat di Okinawa. Kami ingin membuat pemerintah AS dan Jepang, serta pemerintahan lain di dunia, menyadari keinginan kami. Karena Pertemuan G-8 akan bertempat di Okinawa pada tanggal 21-23 Juli, media dari seluruh dunia akan hadir di pulau kami pada saat itu. Karena ini adalah kejadian langka sebuah pertemuan sepenting itu diadakan di Okinawa, kami memilih gerakan itu berlangsung bertepatan dengan kedatangan para pemimpin dan media dari seluruh dunia. Kami akan menunjukkan penolakan kami terhadap kehadiran pangkalan militer AS di Okinawa dengan menunjukkan sebuah kartu merah dan warna merah selama pertemuan tersebut berlangsung.

Namun, perlu diperjelas bahwa gerakan ini bukan gerakan melawan AS atau melawan pertemuan G-8. Lebih lanjut, Gerakan Kartu Merah ini tidak berafiliasi dengan sebuah organisasi, kelompok, agama atau ideologi tertentu; gerakan itu terbuka bagi siapa pun yang ingin menunjukkan penolakannya terhadap kehadiran pangkalan militer AS di Okinawa. 

APA ITU KARTU MERAH? 

Dalam permainan sepakbola, kalau wasit menunjukkan kartu merah kepada seorang pemain, maka pemain itu harus meninggalkan lapangan segera; tidak ada diskusi atau perdebatan. Artinya, kartu merah adalah langkah terakhir bagi seorang wasit untuk mengusir pemain yang tindakannya memang harus dihukum. Kartu itu juga menunjukkan kekuasaan absolut seorang wasit dalam situasi tertentu, dan harus dipatuhi oleh semua pemain. 

Dengan cara ini, kami orang Okinawa, yang secara tradisional hanya punya sedikit kekuasaan atas nasib kami sendiri, akan mengambil peran sebagai wasit dan menunjukkan kartu merah terhadap kehadiran pangkalan militer AS. Artinya setiap penggunaan warna merah boleh dilakukan dalam demonstrasi menentang kehadiran basis AS. 

Contoh-contoh penggunaan warna merah yang bisa dilakukan: 

Pita, lencana, poster, sticker atau selebaran yang dapat ditempatkan di rumah-rumah, pintu, mobil atau bangunan lainnya. 

Selendang, kaos, lencana, pakaian atau barang lain yang bisa dikenakan. 

APA YANG INGIN DISAMPAIKAN? 

Hentikan senjata
Hentikan kehancuran
Hentikan kecelakaan militer
Hentikan kejahatan oleh GI (tentara AS)
Hentikan perkosaan oleh GI
Hentikan kesengsaraan
Hentikan imperialisme AS
Hentikan penghancuran lingkungan hidup
Hentikan PCB
Hentikan kebakaran
Hentikan polusi bunyi
Hentikan konflik yang tidak perlu
Hentikan pengorbanan
Hentikan ketimpangan
Hentikan rasa takut
Hentikan penindasan
USIR PANGKALAN MILITER AS! 

KAPAN GERAKAN INI DIMULAI? 

Karena gerakan ini seluruhnya bersifat sukarela, setiap orang atau setiap kelompok dapat bergabung saja, dan bisa memulainya sekarang. Namun kita akan meningkatkan tekanan saat pertemuan G-8 itu berlangsung (20-24 Juli) dan khususnya pada Hari Rantai Manusia (20 Juli) saat pangkalan udara AS terbesar di Asia akan dikepung manusia yang berdemonstrasi.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi redcard2usbase@hotmail.com

Lihat juga situs Red Card, dengan informasi dalam berbagai bahasa di

English Page Red Card Movement

Special thanks to Jaringan Kerja Budaya (Cultural Network) for translation!

Ads by TOK2